Apa Itu Positivity?

Otak yang dalam keadaan positif akan berfungsi maksimal, yaitu lebih cerdas, kreatif, inovatif dan penuh solusi. Juga tak mudah stres atau depresi (cepat pulih dari keterpurukan, dan kembali menjadi kuat), sehingga tubuh tetap sehat dan berumur panjang. Mereka yang memiliki otak yang dalam keadaan positif lebih cenderung pada kebajikan.

Itu semua adalah hasil penelitian neuroscience sepanjang lebih dari 2 dekade terakhir ini. Mereka yang memiliki otak yang dalam keadaan positif disebut memiliki positivity. Mereka yang memiliki positivity ini juga disebut memiliki resilience atau memiliki ketangguhan dalam hidup.

Bagaimana cara untuk memiliki positivity? Tentu tidak mudah, namun caranya sederhana dan sudah melalui berbagai penelitian panjang di berbagai tempat di seluruh dunia. Ada banyak buku yang sudah ditulis oleh beberapa neuroscientists terkenal di dunia, seperti Martin Seligman, Shawn Achor, Barbara Fredrickson, dan lain-lain. Mereka mengemukakan konsep mereka masing-masing. Semua bagus, namun mungkin terasa amat akademis jika kita membaca bukunya. Mereka juga tak menulis satu buku, tapi lebih dari 2 buku.

Website yang sedang ada baca ini mencoba membuat intisari dari berbagai konsep positivity yang telah disampaikan oleh berbagai neuroscientists terkenal ini. Ada banyak tips yang sudah dikemukakan oleh para neuroscientists itu, namun dari berbagai tips yang mereka kemukakan, 4 tips di bawah ini muncul dari semua neuroscientists:

  1. Meditasi
  2. Bersyukur
  3. Berbuat kebajikan
  4. Olahraga

Empat tips di atas nampak sederhana, namun sebenarnya tetap membutuhkan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Jika dijalani, maka hanya dalam hitungan hari, maka kondisi otak akan membaik daripada sebelumnya.

Masing-masing tips di atas dijelaskan dalam tulisan terpisah yang menggambarkan tips ini dibangun oleh para neuroscientists melalui berbagai penelitian mereka. Masing-masing tulisan dibuat sederhana dan mudah dimengerti agar bisa menjadi tips yang berguna bagi mereka yang ingin fungsi otaknya lebih maksimal, dan tubuh lebih sehat, serta lebih cenderung pada kebajikan.

Semoga berguna,

M. Jojo Rahardjo

Tulisan penting lainnya:


Meme:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *