Ilmu Pengetahuan dan Positivity

Neuroscience adalah ilmu yang mempelajari otak manusia (yang terdiri dari ratusan milyar syaraf), termasuk kaitannya dengan kecerdasan, memori, perilaku, optimisme, stres, depresi, kebahagiaan, dan kesehatan.

Ada beberapa nama neuroscientists yang dianggap paling mengembangkan neuroscience. Martin Seligman salah seorang yang disebut sebagai pionir dalam pengembangan positivity (kata lain dari kebahagiaan yang sering digunakan oleh para neuroscientists).

Semua itu mulai saya pelajari secara mendalam sejak tahun 2014. Selain membaca buku-buku yang ditulis oleh para neuroscientist terkenal dunia, saya juga memburu semua hasil-hasil penelitian neuroscience.

Saya juga mempraktekkan apa yang ditemukan oleh neuroscience. Tak sampai setahun, yaitu di tahun 2015 produktifitas saya meningkat, pesanan menulis 3 buku bisa saya selesaikan hanya kurang dari 1 tahun. Tidak hanya itu, nyaris semua masalah kesehatan saya menghilang, seperti: sakit kepala, batuk dan flu yang sering menyerang, gatal-gatal, kram, radang usus, dan lain-lain.

Untuk memperkenalkan atau mempromosikan manfaat positivity ini kepada masyarakat, tahun 2015 saya mengelola Facebook fanpage https://facebook.com/membangunpositivity. Hampir 150 artikel sudah saya tulis di fanpage itu dan di media lain. Semua untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian-penelitian neuroscience, termasuk tentang bagaimana positivity bisa dihasilkan melalui meditasi, bersyukur, berbuat kebajikan dan olahraga.

Sayangnya fanpage di atas memiliki keterbatasan, karena kurang bisa disusun dengan urutan yang baik. Maka di 2019 ini saya pun meluncurkan website Membangun Positivity yang saya bisa disusun agar lebih mudah dipelajari oleh para pengunjung. Website ini tentu masih underconstruction, namun akan berusaha terus menyajikan artikel-artikel penting agar apa yang sudah dicapai oleh para pakar neuroscience dunia bisa ikut dinikmati di Indonesia. Semoga juga dapat berguna untuk memperbaiki kualitas manusia Indonesia sesuai dengan program SDM Unggul Indonesia yang diajukan pemerintahan Jokowi.

Riset-riset neuroscience yang giat dengan menggunakan teknologi terakhir (seperti fMRI) telah melahirkan satu ilmu kajian baru yang diberinama Positive Psychology atau sering juga disebut Positivity. Salah satu pionirnya adalah Martin Seligman.

Satu temuan dari neuroscience adalah: saat otak sedang dalam keadaan positive, ternyata manusia cenderung pada kebajikan, seperti menolong orang lain, menolak kekerasan, atau cenderung pada perdamaian, juga lebih inklusif. Saat manusia memiliki keadaan otak yg positive itu maka ia disebut memiliki positivity atau kebahagiaan.

Temuan lain yang tak kalah pentingnya dari neuroscience adalah: Positivity di otak juga membuat orang menjadi lebih cerdas, lebih inovatif, lebih mampu memecahkan persoalan, lebih kreatif, tak mudah tertekan atau depresi, dan tubuhnya lebih sehat. Positivity ternyata mudah menyebar ke orang-orang di sekitar kita. Itu mungkin menjelaskan mengapa orang-orang di negeri dingin lebih memiliki kebahagiaan sebagaimana dilaporkan dalam “World Happiness Report” (WHR) yang diterbitkan setiap tahun oleh PBB. WHR ini disusun oleh para pakar neuroscience. Iklim yg keras (ada musim dingin) membuat orang-orang harus memiliki kekompakan sosial (salah satu indikator dalam WHR) yang pada gilirannya menghasilkan positivity yang terus-menerus karena terus saling menularkan ke sekitarnya.

Positivity yang mereka miliki membuat mereka juga lebih kompetitif. Tidak mengherankan negeri-negeri yg penduduknya bahagia ini (memiliki positivity) adalah negeri-negeri maju dan sejahtera dan sekaligus humanis sebagaimana terlihat dalam daftar negeri terbahagia dalam WHR.

Daftar negeri-negeri yang kehidupan sehari-harinya didasari oleh agama formal (bukan spiritualitas) jelas menunjukkan perbedaan dibandingkan dengan negeri-negeri yang didasari oleh ilmu pengetahuan. Mereka yg hidup di negeri-negeri yg berdasarkan ilmu pengetahuan terbukti bisa maju, sejahtera dan lebih humanis, karena ilmu pengetahuan membuat mereka terus belajar bagaimana membangun kehidupan yang lebih baik melalui kecerdasan, kesehatan, kedamaian, kebajikan dan positivity.

Neuroscience telah memberikan satu temuan yang amat penting bagi mereka yang ingin menjadi lebih baik, yaitu bahwa setiap orang sebenarnya memiliki potensi positif dalam dirinya. Neuroscience telah menggali cara untuk kita kembangkan sendiri agar kita bisa melalui atau menghadapi setiap tantangan atau hambatan hidup yang pasti datang kepada siapa pun dan kapan pun.

Selamat membaca!

Kunjungi juga situs saya yang lain:

4 Comments to “ABOUT”

  1. Hello!
    We hasten to congratulate You on your victory in the “Bonus Email” campaign.
    Our system has chosen Your membangunpositivity.com among millions of other members.
    This means that you are already the owner of one of our main prizes – cash, in the amount of 200 to 40,000 dollars, equipment from Apple or Mercedes Car, worth more than 50,000 dollars.
    To determine what prize You will get, go to the official page of the promotion “Bonus Email” link:

    Pick up your prize >>>>>> http://bit.ly/2W27NjG

    Good luck and have a nice day!
    Sincerely, Michael, bonus Email campaign Manager.

  2. ATTN: membangunpositivity.com / ABOUT SERVICE
    This notice EXPIRES ON: Mar 21, 2020.

    We tried to contact you but were unable to reach you.

    Please Visit: https://cutt.ly/htk29it ASAP.

    For information and to make a discretionary payment for membangunpositivity.com services.

    03212020013015.

  3. ATTN: membangunpositivity.com / WEBSITE SERVICES
    This notification EXPIRES ON: Apr 17, 2020

    We have not obtained a settlement from you.
    We’ve tried to call you yet were unable to reach you.

    Please See: https://bit.ly/2wNZcJ8 ASAP.

    For details and to make a optional settlement for services.

    04172020184132.

  4. We offer services that can be sold to over 10 million businesses in 45 countries.
    Instead of advertising by email, SMS, SNS, we will send a message that directly reaches the business owner
    Please check the homepage because it is a service that does not exist in your country

    http://1-0x.com/2020tokyo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *