DISKUSI ONLINE: Meditasi di Masa Pandemi? Untuk Apa?

31 Juli 2021 melalui Zoom.

Sejak awal pandemi, WHO dan berbagai lembaga kesehatan di mana-mana sudah meneliti dan memperingatkan tentang munculnya gelombang stress akibat pandemi COVID-19. Dijelaskan pula mengapa.

Siapapun kita, tua-muda, miskin-kaya, laki laki-perempuan, apa pun profesinya, tingkat pendidikannya, tingkat ekonominya, semua dapat terkena gelombang stress ini. Sayangnya, peringatan ini tidak cukup menyadarkan banyak orang. Ada yang abai, ada juga yang tidak sadar dirinya mengalami stres, dan ada yang tidak percaya dirinya dapat mengalami stres.

Padahal stres merusak immune system yang paling kita butuhkan agar kuat saat terinveksi COVID-19. Tanpa immune system yang kuat, maka kesehatan tubuh kita pun mudah sekali terganggu.

Stres atau keluarnya hormon cortisol yang tidak terkontrol, akan menurunkan fungsi otak yang juga berarti menurunkan kesehatan mental. Gejalanya adalah kecerdasan menurun, kejernihan berpikir (kewarasan) menurun, mudah curiga, mudah berpikir negatif pada orang lain, mudah terlibat pertengkaran, lebih suka membangkang, cemas tak beralasan, merasa tak bertenaga, atau malas melakukan apa pun, kehilangan motivasi dalam belajar atau bekerja, produktivitas menurun, kehilangan kecenderungan untuk membantu orang lain, dan lain-lain. Termasuk juga turunnya immune system yang membuat kita mudah terkena penyakit.

ADAKAH CARA PRAKTIS UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES, NAMUN BERDASAR PADA RISET SAINS MUTAKHIR?

Ada! Tanpa kita sangka, dari sekian banyak cara untuk menurunkan tingkat stres, ternyata meditasi & bersyukur adalah aktivitas yang paling menurunkan tingkat stres secara signifikan. Riset sains sepanjang 3 dekade terakhir telah merumuskan bagaimana cara melakukan meditasi dan bersyukur menurut sains.

Bersama Komunitas Membangun Positivity: M. Jojo Rahardjo & Desny Zacharias Rahardjo yang telah menulis lebih dari 300 artikel, lebih dari 100 video, dan 3 ebooks sejak tahun 2015 untuk mempromosikan berbagai riset sains seputar fungsi otak dan kaitannya dengan kecerdasan, produktivitas, dan kesehatan.

Klik di sini untuk mendownload dan membaca presentasi M. Jojo Rahardjo & Desny Zacharias Rahardjo mengenai MEDITASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *