Riset Ilmiah Penting Dikemas dalam 1 Buku Kecil untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kognitif, & Mental di Masa Pandemi

Setahun sudah dunia dilanda pandemi COVID-19. Perekonomian nyaris ambruk di seluruh dunia. Stres atau depresi menjangkiti banyak orang, dan itu membuat daya tahan tubuh menurun. Padahal kita sangat membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat agar bisa selamat dari virus pandemi ini. Ingat, bukan hanya daya tubuh yang turun, tetapi juga kecerdasan, produktivitas, dan kecenderungan pada altruism (kebajikan).

Buku PDF yang tidak dicetak ini memaparkan bagaimana memiliki daya tahan tubuh menurut riset ilmiah sepanjang 3 dekade terakhir. Juga bagaimana menjaga agar kemampuan kognitif dan mental tetap kuat.

Kita sudah tahu bahwa untuk selamat dari pandemi ini kita harus menjalankan 4 strategi penting:

  1. Patuhi protokol kesehatan (3M).
  2. Physical distancing (jaga jarak dengan orang lain).
  3. Jaga daya tahan tubuh agar terus bagus (salah satunya dengan menjaga kondisi mental).
  4. Vaksinasi.

Nomor 1 dan nomor 2, serta nomor 4 kita semua sudah jelas. Namun jika kita Googling untuk nomor 3 tentang bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh, maka kita akan mendapatkan berbagai macam cara yang mungkin terlalu banyak untuk kita pilih-pilih.

Ada cara lama, ada cara baru, ada cara kedokteran, ada cara tradisional, ada cara Cina, ada cara Islami, ada cara spiritual, ada cara ilmiah, dan cara lain-lain.

Hanya sedikit yang tahu tentang cara baru dan ilmiah itu. Mengapa? Mungkin cara ilmiah ini kurang dipopulerkan oleh media, karena para ilmuwan yang menemukannya kurang bisa menyampaikannya dalam bahasa yang populer. Buku-buku dalam bahasa Indonesia mengenai cara baru itu sangat sedikit. Padahal sudah ribuan buku ditulis dalam bahasa Inggris mengenai cara baru itu dan terbit di luar negeri.

Buku PDF berjudul “RESILIENCE” (Tetap Tangguh di Masa Sulit) ini ditulis oleh M. Jojo Rahardjo dan Desny Zacharias Rahardjo yang sejak 2015 sudah mempromosikan berbagai riset neuroscience untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, inovasi, produktivitas, melawan stres atau depresi, dan lain-lain. Di website dan Facebook yang mereka buat sudah ada ratusan tulisan dan puluhan video, serta meme yang isinya tentang berbagai riset ilmiah penting.

M. Jojo Rahardjo juga dikenal sebagai praktisi dan penulis topik bencana alam di Indonesia.

“RESILIENCE” disusun dengan sistematis agar mudah dipahami oleh berbagai kalangan, dari akademisi hingga pelajar tingkat sekolah menengah, atau dari pebisnis kelas atas hingga mereka yang bekerja sebagai buruh di pabrik atau konstruksi, termasuk juga dari pembuat kebijakan publik di pemerintahan hingga ibu rumah tangga.

“RESILIENCE” memaparkan 5 tips kegiatan yang harus dijalankan setiap hari agar daya tahan tubuh meningkat begitu juga kemampuan kognitif dan mental. Semua tips ini adalah hasil dari riset ilmiah yang penting sepanjang 3 dekade terakhir:

  1. Meditasi sekuler.
  2. Bersyukur menurut neuroscience.
  3. Altruism (kebajikan.
  4. Relationships.
  5. Olahraga.

Ingat semua tips ini didasarkan pada berbagai riset ilmiah sepanjang 3 dekade terakhir. Artinya semua tips ini sudah terbukti secara ilmiah.

Bagi yang ingin mendownload buku PDF ini silakan WA 089516452157.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *