Kelas Online Yale University tentang Sains Kebahagiaan

Jika kita Googling kata “kebahagiaan” (happiness), kita akan mendapatkan definisi kebahagiaan yang bermacam-macam. Ada yang berdasarkan psikologi, filsafat, agama, budaya, pendidikan, dan masih banyak lainnya lagi.

Neuroscience 3 dekade terakhir ini giat melakukan riset pada kebahagiaan, dan menyusun sebuah definisi baru kebahagiaan. Secara singkat definisi kebahagiaan itu adalah sebuah kondisi di otak yang menguntungkan kita.

Neuroscience tentu tak sendirian dalam mengembangkan sains kebahagiaan ini, karena neuroscience memang sains yang berupa gabungan dari sains lainnya, seperti positive psychology, psychology, fisika, kimia, komputer, biologi, dan banyak lainnya lagi.

Perkembangan sains kebahagiaan itu rupanya menjadi sebuah trend baru di dunia. Siapa yang tak mau memiliki otak yang berfungsi maksimal atau hidup bahagia? Salah satu universitas kelas dunia yang merespon trend itu adalah Yale University di Amerika. Universitas ini menyediakan online class bagi mereka yang tertarik untuk mendalami sains kebahagiaan. Bahkan Yale University juga menyediakan panduannya untuk mempraktikkan sains kebahagiaan itu agar peserta kursus bisa mengecap kebahagiaan dari hasil riset para ilmuwan dari berbagai tempat di dunia sepanjang 3 dekade.

Kami dari Membangun Positivity mengikuti online class itu dan membuat intisarinya dalam video ini. Video ini hanya bagian awalnya saja. Akan ada video lanjutannya minggu depan dan minggu-minggu mendatang.

Selamat ikut mendalami sains kebahagiaan dan ikut larut dalam trend baru dunia dalam sains kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *