PEMIMPIN PSIKOPAT DI SEKITAR KITA. Siapa Saja Mereka?

Seorang yang terlatih bermeditasi bertahun-tahun seperti Buddhist monk peka pada emosi yang dimiliki orang lain. Ia mempu merasakan kecemasan, kesedihan yang sedikit saja, atau adanya trauma masa lalu. Mereka juga tentu bisa merasakan keriaan, semangat, atau kebahagiaan orang lain. Temuan ini disampaikan oleh Paul Ekman dalam websitenya paulekman.com dan dalam beberapa bukunya.

Namun anehnya menurut Paul Ekman, para psikopat juga memiliki kemampuan ini, meski mereka bukan orang yang melakukan meditasi. Perbedaannya adalah, para buddhist monk memiliki empathy, atau cenderung pada altruism (kebajikan), sehingga kemampuannya itu tidak digunakan untuk merugikan orang lain. Namun para psikopat justru menggunakannya untuk kesenangannya atau kepentingannya sendiri, meski itu merugikan orang lain.

Para psikopat ini berada di sekitar kita tanpa kita sadari, bahkan mereka bisa berada di posisi penting di pemerintahan, organisasi, atau perusahaan.

Adakah cara mengidentifikasi para psikopat agar bisa terhindar dari kerugian? Tulisan ini menguraikan beberapa ciri mendasar dari para psikopat. Klik gambar Paul Ekman di bawah ini.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *