Memperkuat Immune System dengan Meditasi – Cara Neuroscience Menangkal COVID-19

Seluruh dunia sedang dibuat panik oleh wabah virus corona, yang sudah diberi nama resmi oleh WHO, Corona Virus Disease 2019, atau COVID19. Virus yang penyebarannya luar biasa cepat yang dalam waktu singkat dapat ditemukan di berbagai belahan dunia (terakhir saya intip di website CDC, per 3 Maret 2020 sudah 77 negara yang melaporkan kasus positif COVID 19, termasuk Indonesia).

Segera informasi mengenai bagaimana virus ini meyebar, gejala penderitanya, bagaimana treatmentnya, bagaimana mencegahnya disebarluaskan melalui media massa. Semuanya bertujuan agar masyarakat tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan. WHO meyakinkan bahwa walaupun penyebarannya cepat sekali dan jumlah penderitanya terus bertambah, tapi resiko kematiannya tidaklah sebesar virus2 yang pernah mewabah sebelumnya. Pemerintah meyakinkan tidak perlu panik dan bahwa mereka sudah siap menanganinya.

Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau immune system di tubuh kita:

  1. Yang standard: makan yang benar, mengkonsumsi vitamin, olah raga, tidur yang cukup.
  2. Kurangi dan hindari stres, karena sistem kekebalan tubuh mudah terganggu ketika hormon stres melonjak.
  3. Sering2lah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alcohol yg mengandung setidaknya 60% alcohol.

Lalu apa lagi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bila rutin dilakukan? MEDITASI. Iya, meditasi.

Simak informasi lengkapnya di video ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *