VIRUS CORONA DAN IMMUNE SYSTEM

Kita tahu sejak akhir Desember 2019 lalu, dunia digemparkan oleh munculnya wabah Coronavirus yang berasal dari Wuhan, sebuah kota di Cina. Coronavirus ini cepat menyebar ke berbagai kota besar lain di dunia. Mereka yang terkena penyakit ini memiliki gejala seperti flu, demam tinggi, dan terbatuk-batuk. Mereka sebagian besar mengalami kerusakan paru (pneumonia). Ada juga mengalami kerusakan organ vital lainnya, seperti ginjal. Itu karena virus ini melemahkan daya tahan tubuh, sehingga penyakit lain ikut menginfeksi tubuh. Paru yang rusak bukan hanya disebabkan oleh virus ini, tetapi juga oleh penyakit lain.

Hingga sekarang sudah lebih dari 400 orang tewas karena penyakit ini. Virus ini menular karena adanya kontak langsung seperti tersemprot cairan yang keluar langsung dari pengidap yang sedang bersin atau terbatuk, juga melalui tangan yang menyentuh cairan bersin itu dan lalu menyentuh muka, apalagi mulut atau hidung.

Setelah virus ini mewabah selama beberapa minggu di dunia, para peneliti memiliki “kabar baik”, yaitu sudah ditemukan cara untuk “menjinakkan” virus ini pada mereka yang sudah terjangkit. Dan menurut berbagai ahli yang dikutip oleh berbagai media, Coronavirus dari Wuhan ini memiliki tingkat kematian kurang dari 2%. Pada tahun 2002, coronavirus juga mewabah dan diberi nama SARS. Tingkat kematiannya sebesar 9,6%. Bahkan pada tahun 2012 MERS memiliki tingkat kematian yang lebih besar, yaitu 34,5%.

Para ahli menyebut coronavirus ini adalah satu jenis virus seperti virus influenza. Sebenarnya kita setiap hari terpapar oleh banyak virus, namun immune system membuat kita tetap sehat. Untuk memiliki immune system yang baik ada banyak yang harus kita lakukan. Namun semuanya boleh dibilang sulit. Mengapa?

Kita tentu sulit untuk hidup sehat setiap saat, seperti:

– Sulit untuk tak menyentuh benda-benda saat anda sedang berada di tempat umum.

– Sulit untuk terus menyadari anda harus membersihkan tangan dengan benar setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.

– Sulit untuk terus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat

– Sulit untuk minum cukup.

– Sulit untuk terus teratur berolahraga yang tepat setiap hari.

– Sulit untuk menghindari situasi stres di mana pun dan kapan pun.

– Sulit juga untuk bisa tidur dengan cukup.

Tapi ada yang mudah. Bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sedang berdiri, duduk atau tiduran. Sedang berada di antrian, sedang di atas bis, kereta, di kantor, apalagi di rumah.

Ini bukan sesuatu yang baru. Ini sudah banyak dianjurkan oleh banyak ahli. Saya hanya mengulang atau mengingatkan kembali, bahwa salah satu cara mudah untuk terhindar dari infeksi virus semacam corona adalah dengan cara memiliki immune system yang cukup.

Bagaimana cara yang mudah itu? Meditasi. Ya, lakukan meditasi untuk memboost immune system anda. Bagaimana caranya? Silahkan simak tulisan atau video saya yang lain di channel “Membangun Positivity”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *