Efek Olahraga bagi Para Pekerja

Riset oleh positive psychology menunjukkan bahwa positivity bisa juga diperoleh dengan cara mudah, yaitu salah satunya melalui olahraga. Riset di bawah ini menunjukkan olahraga sebelum bekerja atau saat jam makan siang menghasilkan positivity yang diperlukan saat bekerja.

Peneliti dari University of Bristol menemukan bahwa karyawan yang menikmati berolahraga sebelum pergi bekerja – atau berolahraga selama masa makan siang lebih siap untuk menangani apa pun yang harus mereka jalani hari itu. Suasana hati secara signifikan meningkat setelah berolahraga. Riset menunjukkan orang yang berolahraga pada hari kerja akan lebih produktif, lebih bahagia dan kurang menderita stres.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Management Kesehatan Kerja ini, adalah yang pertama untuk membuktikan bahwa olahraga selama jam kerja bisa menghasilkan mental yang lebih baik, selain manfaat fisik.

Juga ditemukan, bahwa suasana hati secara umum membaik pada hari-hari berolahraga, tetapi mereka menjadi kurang tenang (gelisah) pada hari-hari non-olahraga.

Secara kritis, penelitian mengukur 3 kondisi yang semuanya menunjukkan perbaikan yang berarti:

  • mental-interpersonal
  • output
  • time demand

Penelitian ini mengambil sample dari sebuah kelompok yang terdiri dari 200 staf universitas dan karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan pensiun dan perusahaan IT. Setiap karyawan mengisi kuesioner tentang suasana hati mereka, beban kerja dan kinerja pada hari-hari ketika mereka berolahraga.

Para pekerja, yang sudah terbiasa berolahraga memilih cara mereka sendiri, frekuensi dan intensitas latihan untuk lebih mencerminkan situasi kehidupan nyata.

Kebanyakan mereka memanfaatkan gymnastic (pusat kebugaran) dan ada yang berlatih dengan instruktur dan beberapa melakukan latihan beban dan memasuki tim olahraga.

Temuan kunci:

  • 72% perbaikan dalam manajemen waktu pada hari olahraga dibandingkan dengan hari non-olahraga.
  • 79% kinerja mental dan interpersonal lebih baik pada hari-hari mereka berolahraga.
  • 74% lebih berhasil mengatasi beban kerja yang berat.
  • 27% lebih baik dalam mengatasi stress serta lebih tenang pada hari-hari berolahraga.
  • 47 % lebih termotivasi dalam bekerja.
  • 21% lebih tinggi dalam konsentrasi pada pekerjaan.
  • 25 % mampu bekerja tanpa istirahat yang terjadwal.
  • 22 % lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Jo Coulson, Research Associate di Departemen Olahraga, Nutrisi dan Ilmu Kesehatan mengatakan: “Ada banyak manfaat kesehatan fisik dan mental yang dapat diperoleh dari olahraga teratur. Hasil statistik kami sangat penting, bahwa pada hari latihan, suasana hati meningkat secara signifikan setelah berolahraga. Suasana hati akan tetap sama pada hari-hari mereka tidak berolahraga, dengan pengecualian ada rasa kurang tenang (gelisah) yang muncul”.


Tulisan lain seputar olahraga:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *